Rabu, 11 September 2013

Bioteknologi



Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan organisme (mahluk hidup) untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. Membaca definisi di atas, kita bia menyimpulkan bahwa sebenarnya bioteknologi sudah ada sejak lama. Misalnya,  Pembuatan tempe (menggunakan sejenis jamur. ), Pembuatan tape (menggunakan ragi) dan Pembuatan cuka (menggunakan bakteri). 
Bioteknologi yang berkembang sekarang (Bioteknologi Modern) memanfaatkan rekayasa  genetik (genetic engineering) yaitu berbagai rekayasa yang melibatkan gen.

Bioteknologi menggunakan bantuan beberapa enzim, sebagai contoh misalnya enzim restriksi.

Enzim ini dapat memotong, memendekkan atau mendegradasi  rantai nukleotida. Apabila lokasi restriksinya berada dibagian tengah DNA disebut endonuklease, apabila berada di tengah  disebut eksonuklease



Endonuklease restriksi adalah enzim yang dapat memotong, memendekkan atau mendegradasi  rantai nukleotida dengan lokasi restriksinya berada dibagian tengah DNA. Enzim ini memecah DNA dengan cara memecah ikatan fosfodiester internal pada rantai  pada molekul DNA. Endonuklease restriksi dapat mengenali urutan spesifik pada DNA yang akan dipotong dan disebut urutan pengenalan (hampir semua palindrom). Tempat pemotongannya disebut restriction site (tempat potong), yang bisa terdiri dari beberapa nukleotida dengan urutan yang spesifik. Sebagai contoh misalnya :

a.       PvuI (Proteus vulgaris) restriction site terdiri  dari nukleotida: CGATCG 
b.      PvuII (Proteus vulgaris) restriction site terdiri dari 6 nukleotida: CAGCTG
c.       HinfI (H. Influenzae Rf) restriction site terdiri dari 5 nukleotida: GANTC
d.      Alu1(Arthrobacter luteus) restriction site terdiri dari 4 nukleotida: AGCT

Endonuklease ada dua jenis, yaitu:
a.    Endonuklease yang menghasilkan ujung kohesif:  Endonuklease restriksi  (lokasi restriksinya berada dibagian tengah DNA) yang menghasilkan dua fragmen dengan ujung kohesif (sticky end). Sebagai contoh misalnya Hpa II (Haemophilus influenza), Not 1 (Nocardia otitidis caviarum)  EcoRI (Ecoli galur R1), Pst 1 (Providentia stewarti).
b.    Endonuklease yang menghasilkan ujung tumpul: Endonuklease restriksi (lokasi restriksinya berada dibagian tengah DNA) yang menghasilkan dua fragmen dengan ujung tumpul. Sebagai contoh misalnya EcoRV (E.coli galur V), Hae (Haemophylus aegypticus)
 

 

 
 

Tidak ada komentar: