Senin, 02 Juni 2008

Digesti (batasan)

Batasan
Bahan makanan yang dikonsumsi umumnya belum bisa langsung diserap, supaya dapat diserap bahan tersebut harus dipecah terlebih dulu menjadi molekul-molekul yang lebih kecil (digesti).
Digesti meliputi proses (1) Fisik, yaitu merubah molekul makan yang besar menjadi kecil, sehingga luas permukaan makanan meningkat; dan (2) Kimia, yaitu merubah senyawa komplek menjadi lebih sederhana. Di sini akan dibahas proses digesti berdasarkan proses kimia (biokimia)
Mengapa Perlu digesti??
Digesti diperlukan karena (1) Hanya molekul kecil yang dapat melintasi membran; (2) Membantu adaptasi sistem digestiv terhadap tipe makanan.
Pada proses pemecahan kimia dibutuhkan enzim hidrolase, yang akan mengkatalisis hidrolisis protein menjadi asam amino-asam amino; pati dan glikogen menjadi monosakarida-monosakarida; triasilgliserol menjadi monoasil gliserol, gliserol dan asam lemak.
Digesti di mulut:
Proses pencernaan sudah dimulai sejak makanan berada dirongga mulut. Liur mengandung musin, suatu glikoprotein yang bekerja sebagai pelumas saat mengunyah dan menelan.
Kandungan air pada liur yang mencapai 99%, mempermudah melarutnya molekul makanan dan hidrolase dapat bekerja optimal. Liur juga mengandung enzim amilase dan lipase. Amlilase liur akan memecah pati dan glikogen menjadi maltosa dan oligosakarida, sedangkan enzim amilase liur pada manusia kurang mempunyai peran pada proses pencernaan. Enzim-enzim tersebut menjadi inaktif pada pH≤4, sehingga tidak bisa bekerja ketika makanan sudah mencapai lambung.

Tidak ada komentar: